Sabtu, 16 Januari 2010

Tips menulis

Nulis apaan ya???
hal ini sering manghampiri kita di saat ingin menulis, binggung karena gak ada inspirasi dan karena lagi gak mut atau lagi banyak masalah.. duar rasanya ingin teriak sekenceng kencengnya kalo lagi gak bisa konsen,, yang pasti ingin tau donk gimana sih caranya dapetin inspirasi nulis di blog biar gak bosenin(belaga kayak paling jago nulis). gak ada salahnya kan kalo kita berbagi inspirasi berbagi ide yang pasti agar jadi lebih baik dari sekarang. inspirasi muncul biasanya dibarengi dengan informasi yang membuat kita flasback atau dalam bahasa jerman(jejere kauman)kilas balik..yah dengan informasi kita kadang mengingat suatu moment yang mungkin membuat kita tertawa,menangis,atau bahkan marah-marah. darimana sih sumber informasi yang bisa di jadikan inovasi (edz kayak kendaraan aja). informasi bisa berasal dari membaca,melihat suatu tayangan yang berupa audio visual atau atau mendengarkan yang berupa audio kesempatan mendengarkan seseorang jauh lebih besar di bandingkan dengan kemampuan membaca,menulis,atau melihat,mengapa demikian???

karena telinga kita dua jadi informasi yang berupa audio(suara)jauh lebih banyak dari pada kita membaca apalagi di tambah dengan kita menyaksikan secara langsung (visual)pastinya informasi yang kita dapatkan lebih banyak dan akan lebih akurat
tapi bukan berarti membaca tidak mendapatkan informasi loh!!!! membaca akan mebuat kita bosan apabila kita tidak menemukan topik yang tepat pada suatu kondisi kita saat itu. banyak tehnik membaca yang baik dan menyenangkan tapi disaat jiwa kita tertekan atau lagi gaduh tehnik membaca yang kita pelajari tak mapu menjawab pertanyaan pertanyaan itu. untuk mendapatkan informasi alangkah lebih efektifnya kita dapatkan dari sekeliling kita yang kita tau asal muasal atau dasar dasarnya
seperti menyaksikan TV Mendengarkan radio bahkan dengan googling di internet bisa juga pastinya.. tehnik tehnik yang temen temen terapkan pun beraneka ragam tentunya dan pastinya mempunyai alasan yang kuat.
setelah kita dapatkan informasi apakah kita sudah siap menulis????
edz jangan keburu buru olah dulu informasi yang kita dapat jangan langsung disajikan tentunya harus kita bumbui dulu agar apa yang kita sajikan bisa menjadikan inspirasi bagi yang kita beri informasi. selain dengan menyertakan contoh kita bisa juga dengan membuat cantolan atau sumber informasi biar yang kita sampaikan bisa dipertanggung jawabkan ingat UU meskipun kita di dunia maya
untuk menulis kita akan di buat binggung denga sejuta pertanyaan...
dimulai darimana ya??,apa dulu ya yang ditulis??, kira kira ada gak ya yang bakal baca coretanku??, wah bisa bisa diketawain orang nanti kalo tulisanku jelek...
gak usah takut emangnya ada ya yang bakal marah kalo kita nulisnya kebalik balik atau mungkin kita nulisnya dari jawaban beralih kepertanyaan.. semua itu terserah kita,, asalkan kita punya dasar dan yang pasti kita gak nulis asal asalan
sebelum kita nulis kita bisa buat sketsa dulu dimulai dari a,b,c, dan seterusnya atau buat cantolan cantolan sambil kita berlatih sambil kita praktek lama kelamaan kita akan tau yang ini kurang pas yang ini terlalu formal, dsb
untuk ada gak nya yang akan baca tulisan kita itu belakangan yang penting kita dah berusaha. seperti waktu kita kecil dulu kita nulis asal nulis entah itu rapi atau tidak kita ngak peduli karena kita masih taraf belajar, evaluasi terlalu dini akan menghambat terjadinya inovasi jadi kita gak perlu takut jika tulisan kita di bilang gak berbobot. kitakan masih belajar kalo emang lho udah jago nulis harusnya lho bisa ajarin kita lebih baik dari lho bisa ngak??
nah terakhir nih mungkin dah pada bosen baca coretan ku gak masalah aku gak maksa kok tulisanku di baca sampai akhir tapi yang pasti jangan biarkan kretifitas mu terpatahkan oleh kritik kritik yang tidak membangun mari kita menulis dan membuat orang lain lebih hebat dari pada kita
terimakasih untuk waktunya dan silakan kasih coment yang sadis, bengis tapi tujuan utamanya agar menjadi lebih baik

1 komentar:

GEORGEOUZ mengatakan...

Waaahhh...keren nich...membuat artikel kayak gini nich yg sangat sulit...karena mengangkat topik tentang "menulis".
Salut banget buat mastarno...
keren infonya mas...
saya jadi banyak belajar nich dg mastarno...
Thanx abis dech pokoknya....

 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kompul Bloger

Followers