Jumat, 26 Februari 2010

bangkit dari kemalasan

kemalasan membuat kita akan jauh dari kata sukses mengapa demikian karena kemalasan dekat dengan kondisi yang meyakini diri kita tidak berguna,rasa percaya diri yang kurang, tidak adanya aktifitas yang menyenangkan,,serta sulitnya membaca peluang membuat kita akan jatuh kepada kemalasan sebenarnya kemalasan bisa kita cegah. atau setidaknya kita minimalkan dengan cara membuat jadwal yang tidak monoton(itu-itu saja) mengawali dengan do'a terlebih di pagi hari seperti beberapa artikel saya tentang "awali dengan senyum". ternyata cukup mujarab untuk membangkitkan semangat kita. aktifitas di pagi hari sebagai awalan yang harus kita perhitungkan. sebagai contoh apabila kita jarang atau tidak pernah bangun pagi apa yang sobat rasakan setelah anda bangun pagi?? atau jika sobat jarang lari pagi kemudian sobat lari pagi apa yang sobat rasakan setelah lari pagi? kemalasan datang pada kondisi seperti itu karena kita tidak menjadwalkannya seandainya bangun pagi atau lari pagi menjadi sebuah rutinitas mungkin jawabannya akan lain. intinya disini adalah perencanaan(pembuatan jadwal) adanya penundaan pekerjaan atau kegiatan yang membuat diri kita engan untuk mengerjakan kegiatan itu juga menjadi faktor pemicu kita untuk bermalas-malasan serta kurangnya rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan itu membuat kita akan lebih terpuruk kepada kemalasan. selain tips senyum di pagi hari kita bisa juga melakukan aktifitas yang berkelanjutan seperti contah setelah kita menyelesaikan pekerjaan ini kita lanjut ke pekerjaan yang lain dan usahakan jangan beri kesempatan untuk kemalasan datang menghampiri sabat wah,, kalo cuma nulis aku juga bisa mas.. mungkin sobat ada yang berfikir demikian menurutku itu wajar karena sobat belum pernah ketemu saya. sebelum aku mencoba biasanya aku praktekkan dulu
dan hasilnya akan jadi nilai Plus buat saya pribadi dan persiapan buat nanti jika sobat semua mengajukan pertanyaan...
trus bagaimana mas caranya biar bisa bangkit dari kemalasan???
1.Awali dengan do'a senyum dan semangat.
2.buat jadwal setiap kegiatan, usahakan jangan terjadi tabrakan antara tugas yang satu dangan yang lain serta beri jeda antara satu kegiatan dengan kegiatan yang lain
3.Tunjukan pada diri anda sikap antusias dalam melakukan aktifitas.
4.jangan melakukan evaluasi sejak dini maksudnya optimalkan terlebih dulu keseriusan serta hasil kerja sobat semua sebelum di evaluasi.
5.jangan biarkan kemalasan menghampiri sobat.(sedikit kita biarkan kemalasan datang kita harus mulai dari awal lagi)
6.lakukan kegiatan yang membangun inisiatif yang bersifat berantai.(ini bisa dikerjakan sesuai kondisi sekeliling kita)
7.Mulai dari sekarang (jangan menunda-nunda kegiatan yang bisa di kerjakan saat ini. asal tidak mengggagu kegiatan lain.
dam masih banyak lagi cara yang bisa sobat dapatkan untuk bangkit dari kemalasan... tergantung kondisi kita serta tempat kita...

Good luck
saran,masukan,kritik,serta komentar sangat saya harapkan untuk kemajuan dan perkembangan kita bersama
Read More...

Sabtu, 20 Februari 2010

Kampung Halaman

gak terasa sudah weekend, saatnya malming bagi yang ingin malming tentunya, buat para blogerman maupun blogerwati biasanya weekend digunakan untuk begadang sambil online di depan laptop atau pc kesayangan, update blog,cek email,update status facebook, atau mungkin cari bahan artikel untuk di posting beberapa saat kedepan, atau mungkin untuk saat itu juga. ada yang mungkin digunakan untuk bersiap-siap untuk mengunjungi sanak saudara yang tidak terlalu jauh tentunya. mungkin kerumah paman atau mungkin mudik pulang kampung berkumpul dengan keluarga tercinta.

entah mengapa saat ini rasanya kangen banget ingin kembali ke kampung halaman. meskipun cuma satu hari rasanya ingin melihat kondisi kampung halaman. merantau keluar kota merupakan suatu pilihan warga didusunku karena mata pencaharian sehari-hari mereka adalah berdagang selain berdagang sebagian besar buruh tani saat musim kemarau kebanyakan mereka merantau ke kota mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya, dan saat musim penghujan tiba mereka kembali untuk mempersiapkan lahan garapan mereka untuk di tanami padi maupun tanaman palawija.. saat saat beginilah kebanyakan warga berkumpul bersama saling bertukar informasi bersendau gurau dengan teman,saudara yang berbeda wilayah perantauannya. tak heran jika perasaan rindu akan kampung halaman selalu terbesit di bayanganku. meskipun tidak terlalu jauh jarak antara tempatku merantau dengan kampung halaman tapi rasanya berat juga meningggalkan aktifitas keseharianku. dengan hadirnya kemajuan teknologi membuatku sedikit bahagia meskipun tidak bertatap muka tapi setidaknya ada kata yang terucap. saling tegur sapa dan saling berbagi canda. apa lagi kalo bukan media elektronika seperti ponsel dan juga dunia maya seperti jejaring sosial facebook.
"dhap kapan mulih?" itulah kata yang paling sering muncul mengawali perbincangan kita. mungkin sobat bloger sudah tau dari mana asalku lewat kata yang terucap tadi meskipun kami tinggal di pinggiran tidak di kota tapi kata itu cukup kental hampir menjadai menu wajib dan identitas di wilayahku, yah apa mau dikata demi cita-cita aku harus bisa menahanya, aku harus mampu untuk terus maju, toh kelak kita sudah waktunya kita pasti berjumpa kembali, lewat ini aku sampaikan salam damai buat sanak saudara yang dikampung yang selalu merindukan kehadiranku diantara kalian, semoga kalian semua sehat selalu murah rejekinya dan tidak ada halangan apapun untuk terus berjuang menghidupi keluarga dan diri kalian masing masing....


Read More...

Jumat, 19 Februari 2010

Cinta yang Suci

weekend sudah sangat dekat jadi kalo ngomongin cinta kayaknya dah pantes deh... hiks...hiks..
coretan ini aku publikasikan kepada teman-teman ku yang beberapa saat lalu ikut merasakan kesedihan yang dialami sahabat karipku,, wuizz kayaknya dramatis banget nih,, ok sobat bloger selamat menyimak cerita secara garis besar kejadian ini masih hangat karena baru bulan lalu!. sebut saja ardi (maaf, mungkin bukan ardi anda yang saya maksud!) salah seorang teman yang aktif dan super energik di tempat kerja,kos-an maupun lagi nongkrong. dia begitu kelihatan sangat gagah saat seperti itu selalu berpakaian rapi, dengan aroma yang wangi pokoknya penampilan no satu deh.. terlebih kalo malming (malem minggu) persiapan mungkin sejak jam 4 sore sudah siap saji(kayak mie aja siap saji) maklum anaknya juragan telor celetuk beberapa temen sekos-an yang lagi pada duduk duduk di teras depan.. yang paling akrab dengan ardi ya saya dibanding temen-temen yang lain langsung gue sapa; di sore banget, mau kemana loh..? ngapel jam segini nanti nanti napa! dia jawabnya enak banget "ogah mending aku langsung kerumah honeyku aja di sini bauk belom pada mandi"

lantas dia lepas landas cabut dari kos-an. tau lah mau kemana anak muda gitu loh,,,, trus satu persatu pada mandi tepat jam 17:30 kita biasanya cabut muter-muter kalo ngak nongkrong deket masjid, paling ke alun-alun. tapi kebetulan banget mungkin hari itu memang hari apes gua. gak bisa ikut jalan-jalan bareng mereka, karena ibu kost minta tolong anterin ketempat saudaranya.. terpaksa deh anterin ibu kost dari pada besuk gak boleh ngutang dulu heheheee.. jam 20.00 baru nyampe di kost lagi karena rumah saudaranya bu kost lumayan jauh sebenernya di suruh nginep tapi akunya nolak karena yang lain nanti pada nyariin soalnnya kunci depan cuma satu, yang saya bawa.. terpaksa ibu kost aku tinggal dirumah saudaranya.. nyampe di kost aku liat ardi dah pulang. tumben ni anak sudah pulang biasanya pulang paling akhir,, lansung gua samperin,, sob dah pulang luh.... gak biasannya elu pulang jam segini,, apalagi malem minggu gini... heeheee,, sambil gua pegang pundaknya... dia masih tertunduk diam tanpa ada satu kata pun terucap. langsung gua sambung nanya lagi kenapa elo sob! ada masalah ya? cerita donk? dia melihatku dengan muka memelas seperti abis nangis biasanya sih dia cuma bercanda seperti pada temen-temen yang lain setelah temen-temen lain memperhatikannya langsung deh dia ketawa-ketawa,,, langsung gua nyletuk lagi "lagak elo tuh sob sok posang muka memelas segala,, dah sering elo kibulin anak anak abis itu lo mau ngetawain gua kan???" sambil gua tertawa.. tapi dia tetep diam dan masih dalam kondisi yang sama,, beberapa saat temen kost yang lain pada dateng sekitar jam 21:15
satu persatu pada ngucap eh tumben elo di jam segini sudah pulang. biasanya di suruh nginep sama calon mertua elo,,,, sambil ketawa ketawa, karena diantara temen-temen yang lain aku paling deket sama ardi langsung aja gue stop mereka ketawa. lantas ardi baru angkat bicara "maafin gua ya sob! mungkin kalo gua ada salah sama kalian semua", sambil menahan isak tangis

suasana saat itu semua pada kelihatan memelas termasuk aku karena biasanya aku bisa buat dia tertawa minimal tersenyum. mungkin terlalu berat beban mental yang dia terima hingga dia down tak mampu memberikan suasana cerianya lagi bagaikan bunga yang telah layu..
sambil menahan isak tangis ardi cerita kalo ceweknya pada hari itu dilamar sama temen satu kampusnya dulu, ardi gak bisa ketemu sama ceweknya karena di hadang di hadang sama sapam yang biasa jaga di pintu masuk gerbang rumah ceweknya ardi.. lantas satpam tadi bercerita tentang itu kedia karena ardi tergolong orang yang supel jadi dengan siapapun dia lekas akrap.. beberapa saat kemudian ardi pulang ke kost mungkin sekitar jam 18:00 karena tidak diijinkan masuk oleh satpam yang jaga di pos.. liat kondisi ini semua pada merasa kasihan ke ardi baru pertama kali punya cewek sudah harus menerima sakitnya patah hati.. berbagai cara aku coba bujuk dia untuk bangkit dari keterpurukannya mulai dari mengajak berguraunya kembali mengajak jalan tapi semua itu serasa sia-sia. ardi tetap murung mungurung diri di kost. binggung mau ngapain terpaksa deh aku telp kakaknya cerita masalah ini kekeluarganya.. tapi setelah bercerita kekeluarganya beban tanggung jawabku terasa bertambah setalah ibunya ardi minta tolong untuk membantu ardi bangkit dari keterpurukan itu tepat hari selasa 12 jan 2010 ada udangan dengan sampul warna coklat dan motif batik... tercetak foto dinda dengan calon suaminya di sampul undangan itu lantas aku buka dan aku baca undangan itu tanpa memberitahu ardi takut dia nanti akan jauh lebih terpukul setelah membaca undangan ini..tanpa sepengetahuanku ardi mengetahui undangan itu dari sampulnya lantas dia meminta undangan itu dariku, sempat aku menolak"aku mohon aku ingin melihat dia untuk terakhir kalinya" dia memohon akhirnya aku berikan. lantas dia mengelus dadanya sambil tersenyum melihat foto dinda. lantas dia mengucapkan kata "selamat tinggal sayang mungkin engkau bukan jodohku, semoga engkau tetap menjadi istri yang baik buat suamimu dah ibu yang baik untuk anak anakmu" melihat kondisi seperti ini aku lantas meneteskan air mata menahan haru.. kemudian ardi menarik nafas panjang dan berkata padaku besok berangkat ke pernikahan dinda bareng sama aku ya sob" lalu aku jawab dengan menggangguk saja. seminggu penantian telah berlalu saatnya menghadiri pernikahan dinda, terbayang berbagai macam kondisi di benakku, gimana ya perasaan ardi nanti apakah dia sanggup melewati kindisi yang berat ini???


sampai disana pesta perkawinan dinda telah dimulai. aku dan ardi menemui dinda dan orang tua lantas ardi memohon maaf kepada orang tuanya dinda dan mengucapkan selamat kepada dinda kemudian ardi berpesan kepada dinda "jadilah istri yang baik untuk suamimu dan ibu yang baik untuk anak anakmu" terlihat tetesan air mata mengalir di pipi dinda dan suaminya serta orang tuanya....
sampai disini kisah cinta ardi ini aku tulis, betapa tegarnya jiwa seorang laki-laki meskipun dia harus kehilangan tapi dia tetap tegar dan tetap berani melangkah...

terimakasih untuk ardi yang telah memberiku ijin untuk mengangkat cerita ini agar kita semua memahami bahwa jikalau itu bukan jodoh kita bukan hak kita jangan lah kita ambil, tapi terimalah dengan lapang dada(bersabar)karena tuhan akn memberikan yang lebih baik sesuai dengan apa yang kita lakukan

Read More...

Kamis, 18 Februari 2010

Gagal Yang tidak TOTAL

Kata gagal mungkin sudah tidak asing lagi buat para sobat bloger. banyak yang lantas berfikir seandainya gagal berarti dia telah salah melakukan langkah, salah perhitungan atau mungkin salah dalam perencanaan awal. topik ini mungkin belum begitu banyak tersentuh oleh para blogerman maupun blogerwati. tidak seperi halnya cerita SUKSES yang hampir menjadi lagu wajib buat para sobat bloger mulai dari sukses di internet marketing, sukses ngeblog atau yang sukses di dunia nyata dengan usaha usaha yang mereka lakoni dengan fokus dan bekerja keras banyak pelajaran yang kita petik dari cerita sukses mereka. benarkah demikian ? lalu pernahkah sobat bloger mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dari kagagalan seseorang terutama di sekeliling kita atau bahkan dari kita sendiri?? kalo pernah langkah apa yang telah sobat bloger lakukan untuk mengantisipasi kegagalan tersebut...

inspirasi ini muncul karena handphone kesayanganku gagal booting atau dengan kata lain gagal start-up, mungkin ini inspirasi yang berasal dari hal yang aneh atau bahkan hal yang konyol tapi anehnya kenapa saya tetap melanjutkan tulisan ini dan anda tetap asik ngebacanya, mungkin setelah saya katakan ini sobat bloger lantas keluar/tutup artikel ini lalu berfikir ini anak kenapa ya sinting kali ya! masak inspirasi kok datang dari hal kayak gitu.. nah itu lah uniknya inspirasi,, inspirasi bisa datang kapan saja dimana saja dan dalam dalam kondisi yang bagaimanapun juga hal yang kecil tapi jika kita kupas tuntas kita buat beberapa reverensi akan membuat kita menghargai arti sebuah inspirasi meskipun kecil kemungkinan kita akan berhasil... karena judul yang saya bahas adalah "gagal yang tidak total" maka akan saya coba untuk mengingatkan kepada sobat bloger semuanya termasuk utuk saya sendiri "kita sering gagal dalam memulai" benar tidak??? kita terlalu banyak berfikir teralu banyak perhitungan yang mengakibatkan kita lupa akan peluang yang sudah di depan mata alhasil kita kadang merasa kecewa karena apa yang seharusnya kita dapatkan berlalu begitu saja. sama halnya dengan handphone saya tadi gagal start up (gagal memulai) sampai disini mungkin sobat bloger sudah pada berfikir atau bahkan ada yang bingung. kalo anda bingung ini adalah pertanda bahwa anda menerima informasi yang saya sampaikan sehinga mungundang berbagai pertanyaan yang harus anda cari jawabannya ini mungkin tantangan buat anda bagaimana caranya anda menyelesaikan masalah anda. dan saya ingatkan sekali lagi jangan gagal memulai lagi karena kesempatan anda untuk mendapatkan informasi yang menjadikan inovasi akan terhambat dengan hadirnya penundaan yang sering anda lakukan....
sampai disini dulu ya besuk di sambung lagi di pembahasan yang kedua tentang kata "gagal"

pesan dari saya pribadi adalah jangan lah kita menunda sekecil apapun tugas kita yang bisa kita kerjakan sekarang, seperti menulis komentar dipostingan ini karena anda akan gagal mendapatkan sesuatu yang ada di depan mata.... hiks...hiks...hiks.. maksa mode:ON

Read More...

Sabtu, 13 Februari 2010

Senyum Untuk diri kita

judul kok cuman itu itu aja sih sob.... gak punya inisiatif lain apa? atau emang sudah kehabisan cara untuk menggali informasi.. mungkin sebagian berfikir demikian tapi tidak untuk saya karena ini adalah lanjutan dari artikelku yang beberapa saat lalu aku buat... kalo belum sempet baca baca disini "tinggal klik aja"
ok sebenernya aku juga ingin bahas masalah lain tapi ternyata setelah dipikir pikir kayaknya ini lumayan buat saya publikasikan ke temen temen.. berawal dari suatu masukan dari teman saran, dan sedikit kritikan pedas yang tapi membangun,,, kurang lebih begini kata-katanya"kita tebar senyum untuk semua orang, emang senyum kita di terima ya,,, apakah senyum kita menyejukkan hatinya? kalo jawabannya tidak ngapain kamu senyum-senyum? kayak paling cakep aja." sesaat sempet down juga dengar kata-kata terakhir. tapi setelah itu dia menyambung dengan kata yang menyejukkan "tapi kalo kamu senyum gitu manis dech!!!!..... weeee.... sempet berat rasanya kepala ini karena ke G-eRan hee..heee,,, maklum jarang di puji ama cewek cantik....

berawal dari sini sekilas terlintas pemikiran iya-ya ngapain aku senyum senyum kalo senyumku buat orang tambah Jutex tambah Be-Te.... hikss.....hiksss...hiks,,
nyampe rumah mulai deh ambil tas keluarin laptop trus mulai deh jari ini menari-nari di atas key board.. tulis ini itu browsing di bantu sama mbah google.. akhirnya,,, terbesit suatu ide yang Gokil...
kenapa gak aku coba senyum pada diri sendiri dulu ya sebelum pada orang lain.. trus apa donk yang jadi media penilaiannya.... sreeeeetttt terlintas kata "kaca" yup kaca mulai deh stanby di depan kaca siapin senyum termanis yang kita punya,, kita rileks dengan kondisi kita trus mulai deh senyum senyum sendiri di depan kaca, liat lekukan bibir kita, posisi gigi kita,,garis pipi kita garis sudut mata kita setelah itu kita rasakan apakah senyum kita bisa di terima diri kita sendiri apakah senyum yang kita peragakan membuat kita nyaman ataupun tentram jika belum masih ada waktu untuk kita belajar tersenyum.. agar energi yang kita salurkan lewat senyum bisa jadi penawar rasa jengkel seseorang,,,
tujuan utamanya adalah bagaimana kita bisa menerima dan berdamai dengan diri kita sendiri. Bila kita tidak mampu bersahabat dengan senyum kita sendiri, bagaimana senyum kita bisa menyejukkan orang lain...


Jadikan senyum terindahmu sebagai penawar semua kebosanan dan kebencianmu
Read More...

malming

Apaan tuh malming?? buat yang ngerasa berjiwa muda malming merupakan hal yang sangat istimewa apa lagi di temani dengan
pasangan. jye,,,jye,,, ehm.. ehm.. pasti ada kesan atau suasana yang berbeda pastinya. malming apaan sih, maklum newbie di dunia gaul. hiks,,hiks,,hiks,,
gubrak malming itu malem minggu!!!...ooooo malem minggu ngomong donk dari tadi,, hehehe
buat kamu yang ngerasa jombo atau lagi singgel gak punya pasangan tenang aja gak usah takut, pasti ada kok yang bakalan
nemenin kita malming.. hampir setiap malming aku juga gak pernah pergi kemana-mana cukup standby di kamar kita jelajah dunia
lewat dunia maya. bukan berarti jomblo loh... hehehe


salam bloger....

mastarno(juniorcyber) Read More...

Batik Jarum

Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan “malam” (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya “wax-resist dyeing”.

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh orang Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Teknik membatik telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat populer di beberapa negara di benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

Cara pembuatan

Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

Jenis batik

* Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
* Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.

untuk pemesanan anda bisa datang langsung ke ds.Pundung rejo desa jarum kecamatan bayat kabupaten klaten
atau kunjungi Batik Jarum
Read More...

Sunan Pandanaran Bayat

Sunan Bayat (nama lain: Pangeran Mangkubumi, Susuhunan Tembayat, Sunan Pandanaran (II), Ki Ageng Pandanaran, atau Wahyu Widayat) adalah tokoh penyebar agama Islam di Jawa yang disebut-sebut dalam sejumlah babad serta cerita-cerita lisan. Tokoh ini terkait dengan sejarah Kota Semarang dan penyebaran awal agama Islam di Jawa, meskipun secara tradisional tidak termasuk sebagai Wali Sanga. Makamnya terletak di perbukitan (”Gunung Jabalkat”) di wilayah Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, dan masih ramai diziarahi orang hingga sekarang. Dari sana pula konon ia menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat wilayah Mataram. Tokoh ini dianggap hidup pada masa Kesultanan Demak (abad ke-16).

Terdapat paling tidak empat versi mengenai asal-usulnya, namun semua sepakat bahwa ia adalah putra dari Ki Ageng Pandan Arang, bupati pertama Semarang. Sepeninggal Ki Ageng Pandan Arang, putranya, Pangeran Mangkubumi, menggantikannya sebagai bupati Semarang kedua. Alkisah, ia menjalankan pemerintahan dengan baik dan selalu patuh dengan ajaran – ajaran Islam seperti halnya mendiang ayahnya. Namun lama-kelamaan terjadilah perubahan. Ia yang dulunya sangat baik itu menjadi semakin pudar. Tugas-tugas pemerintahan sering pula dilalaikan, begitu pula mengenai perawatan pondok-pondok pesantren dan tempat-tempat ibadah.

Sultan Demak Bintara, yang mengetahui hal ini, lalu mengutus Sunan Kalijaga dari Kadilangu, Demak, untuk menyadarkannya. Semula Ki Ageng Pandanaran adalah orang yang selalu mendewakan harta keduniawian. Berkat bimbingan dan ajaran-ajaran Sunan Kalijaga, Ki Ageng Pandanaran bisa disadarkan dari sifatnya yang buruk itu yang akhirnya Ki Ageng Pandanaran berguru kepada Sunan Kalijaga dan menyamar sebagai penjual rumput. Akhirnya, sang bupati menyadari kelalaiannya, dan memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan duniawi dan menyerahkan kekuasaan Semarang kepada adiknya.

Sunan Kalijaga menyarankan Ki Ageng Pandanaran untuk berpindah ke selatan, tanpa membawa harta, didampingi isterinya, melalui daerah yang sekarang dinamakan Salatiga, Boyolali, dan Wedi. Namun, diam-diam tanpa sepengetahuannya, sang istri membawa tongkat bambu yang di dalamnya dipenuhi permata. Dalam perjalanan mereka dihadang oleh kawanan perampok yang dipimpin oleh yang namanya sekarang disebut Syekh Domba.

Maka terjadilah perkelahian dan untung saja pasangan suami istri ini berhasil mengatasinya akhirnya Allah SWT murka kemudian dia berubah menjadi sebuah mahluk dengan perawakan manusia tetapi berkepala domba. Setelah terjadi demikian, akhirnya dia menyadari dan menyesal dengan segala perbuatannya, kemudian menyatakan diri sebagai pengikut Sunan Pandanaran yang kemudian dibawa oleh Sunan Pandanaran ke gurunya yaitu Sunan Kalijaga yang akhirnya kepala dia berubah kembali menjadi kepala manusia seperti semula. Setelah itu Syekh Domba diberi tugas untuk mengisi tempat wudhu pada padasan atau gentong pada masjid yang berada pada puncak bukit Jabalkat, Bayat.

Akhirnya Ki Ageng Pandanaran berhasil sampai dan menetap di Tembayat, yang sekarang bernama Bayat, dan menyiarkan Islam dari sana kepada para pertapa dan pendeta di sekitarnya. Karena kesaktiannya ia mampu meyakinkan mereka untuk memeluk agama Islam. Oleh karena itu ia disebut sebagai Sunan Tembayat atau Sunan Bayat.

Selama di Bayat, meskipun sudah dikenal sebagai tokoh agama yang disegani, Ki Ageng Pandanaran terus mendalami ajaran agama islam dibawah bimbingan Sunan Kalijaga.
Read More...

Rabu, 10 Februari 2010

Untuk apa kita bekerja

bekerja!!!! apa sih yang mendorong kita untuk bekerja?? apasih yang menjadi dasar kita bekerja?? silakan temen-temen memberi alasan mengapa kita harus bekerja? dan apakah alasan itu sudah menjadi motofasi utama kita dalam bekerja?? tanyakan pada diri kita semua mengapa kita bekerja?. kenapa gak "muda foya foya, tua kaya raya, mati masuk surga" hampir semua orang menginginkan demikian, di waktu muda ingin menikmati masa mudanya dan di waktu tua ingin mendapatkan kekayaan yang bisa digunakan untuk mencukupi semua kebutuhannya, dan setelah mati ingin pula masuk surga.
tapi mungkinkah itu terjadi pada setiap orang. mungkinkah keinginan yang kita rencanakan tercapai semua, mungkinkah kita mampu untuk mencapainya?. jawabanya hanya anda yang tau, untuk mengetahui siapa diri kita mari kita belajar bersama memahami diri kita. dengan memahami diri kita. setidaknya ada upaya untuk mencapai apa yang menjadi keinginan kita. kembali ke pembahasan dalam bekerja, ditahun 2010 ini banyak sekali orang yang bekerja di jadikan sebagai rutinitas,bangun pagi berangkat kerja pulang malam kadang juga lembur, tiap minggu atau bulan dapet gaji, ada pula yang bekerja sebagai suatu formalitas, "dari pada di rumah nganggur itung itung dapet tambahan, buat nyambung hidup", bahkan adapula yang bekerja unuk menutupi gengsinya. "dah terlalu banyak biaya buat kuliah masa nganggur,,," malu donk tapi bukan berarti yang bekerja setelah selesaiin kuliahnnya hanya sebatas gengsi loh... tujuan saya buat tulisan ini adalah semata mata ingin berbagi sekaligus instropeksi diri. yang mungkin kita selama kerja sering malas-malasan sering ijin gak masuk, dah mulai gak semangat bekerja, bahkan ada yang berkeinginan berhenti dari pekerjaannya. berfikirlah kedepan, jangan kita mengedepankan emosi ataupun gengsi banyak juga contoh contah insan manusia yang bisa kaya atau dengan kata lain sukses bukan berawal dari modal besar, banyak sekali yang bermodalkan NEKAT, meskipun jatuh bangun mereka tetap semangat. kenapa kita gak contoh mereka."ah itukan dia"jawaban ini sering sekali muncul dari beberapa orang yang patah semangat, dah mulai gak yakin pada dirinya, terlebih jawaban seperti ini,"ah itukan sudah jalan hidupnya"bagi saya secara pribadi jawaban ini sangat kebangetan. dah dah jelas banget "tidaklah aku ciptakan jin dan manusia melaikan untuk beribadah" bekerja adalah salah satu contoh beribadah asalkan iklas lilahi ta'ala.. wah gaya nya sok kaya pak ustad... ya memang itu kenyataannyakan

jadi mari kita rubah pandangan yang keliru tentang bekerja yang tadinnya kita hanya asal-asalan sekarang karena ibadah, iklas lilahi ta'ala agar apa yang kita kerjakan mendapatkan berkah dan pastinya rizki yang barokah... amin Read More...
 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kompul Bloger

Followers